Sepanjang perjalanannya, PT Pupuk Indonesia (Persero) selalu menjadi bagian penting dari kemajuan pertanian Indonesia.
Berbagai inovasi telah dilahirkan yang tercermin dalam ragam produk pupuk dan layanan pertanian yang dipercaya oleh petani dan negara. Pupuk Indonesia percaya, bahwa ”DNA Inovasi” menjadi kekuatan perusahaan dalam mendukung lompatan besar masa depan pertanian Indonesia.

Untuk semakin memperkuat perannya dalam mendukung Ketahanan Pangan Nasional, Pupuk Indonesia bertransformasi menjadi perusahaan penyedia nutrisi tanaman dan solusi pertanian yang berkelanjutan. Dengan semangat budaya AKHLAK BUMN, khususnya Kompeten dan Kolaboratif, Pupuk Indonesia berupaya menjaring ide inovatif yang mampu memberikan market & economic added value. Di era Open Innovation dan kolaborasi Penta-helix, terobosan inovasi tidak hanya berasal dari internal, namun juga dari eksternal perusahaan.

Dalam rangka menciptakan solusi bagi kemajuan pertanian, Pupuk Indonesia membentuk Indonesia Fertilizer Research Institute (IFRI) sebagai motor pengembangan produk baru bernilai tambah, teknologi produksi dan pertanian yang lebih efisien dan berkelanjutan serta pusat think tank untuk mengkaji berbagai kebijakan yang mendorong pertumbuhan dunia pertanian Indonesia. IFRI diperkuat oleh sejumlah Center of Excellence yang tersebar di berbagai anak perusahaan Pupuk Indonesia untuk mensinergikan pengetahuan dan kompetensi dalam rangka memacu akselerasi inovasi berkelanjutan. IFRI juga membangun kolaborasi aktif dengan berbagai universitas, lembaga riset, serta organisasi dan badan usaha lain baik di dalam maupun luar negeri untuk menjaga business advantage Pupuk Indonesia.

Namun demikian, dunia pertanian saat ini mengalami trilemma yang kompleks, yaitu tantangan ketahanan pangan, tantangan keberlanjutan lingkungan, dan tantangan kesejahteraan petani. Di satu sisi, produktivitas pertanian sebagai pilar ketahanan pangan menghadapi pelandaian akibat dampak perubahan iklim terhadap agroklimat, ketersediaan sumber air, serta masih terbatasnya teknologi yang berhasil diadaptasi oleh petani. Di sisi lain, praktek pertanian saat ini dianggap menjadi salah satu penyumbang emisi gas rumah kaca terbesar dalam bentuk metana (CH4) dan nitrogen dioksida (N2O). Hal yang tidak kalah penting adalah masih belum meratanya tingkat kesejahteraan petani, sebagai entitas kunci untuk mendorong penyerapan teknologi dan praktek pertanian yang berkelanjutan ini. Untuk itu, perlu adanya suatu ekosistem yang menyediakan profit (keuntungan) bagi seluruh aktor dalam value chain pertanian. Mengatasi tantangan ini tidak bisa sendiri, perlu kolaborasi lintas aktor.

Pupuk Indonesia Fertinnovation Challenge 2021 merupakan platform Pupuk Indonesia dalam menjangkau dan menggali berbagai inovasi yang dapat dikembangkan, dimanfaatkan, atau dikomersialisasi. Kompetisi ide juga ini diselenggarakan dalam rangkaian peringatan Global Fertilizer Day pada 13 Oktober dan peringatan satu tahun pembentukan IFRI pada 9 November nanti. Kompetisi dijadwalkan dibuka pada bulan 20 Agustus 2021 dan puncak penganugerahan pada 9 November 2021.

Inovasi

Mendapatkan ide dan karya inovasi yang dapat dikembangkan, dimanfaatkan atau dikomersialisasi oleh Pupuk Indonesia dalam mendukung visi perusahaan sebagai penyedia nutrisi tanaman dan solusi pertanian berkelanjutan

Kolaborasi

Memperkuat kolaborasi dengan akademisi dalam pengembangan inovasi yang berdampak bagi masyarakat, bisnis dan lingkungan.

Pertanian Berkelanjutan

Menjadi pusat inovasi pertanian yang berkelanjutan dalam menguatkan visi Pupuk Indonesia

back to top