KONTROL DAN MONITORING OTOMATIS DALAM PROSES PENYEMAIAN UNTUK MENGHASILKAN BIBIT YANG UNGGUL
...
Nama
Faiq Muhammad Arif
Perguruan Tinggi
Institut Teknologi Bandung

Dalam Penelitian ini kami ingin menentukan kontrol otomatis yang cocok untuk menghasilkan hasil penyemaian yang terbaik, untuk menghasilkan bibit unggul. Hal ini diperlukan untuk terciptanya tingkat produktivitas penyemaian, dengan mengontrol lingkungan yang baik dalam proses penyemaian. Hal ini diperlukan dikarenakan suhu, cuaca, iklim yang tidak menentu setiap saatnya dan setiap daerah yang ada di Indonesia. Sehingga dibutuhkannya lingkungan buatan dalam proses penyemaian ini. Dalam penelitian ini, akan di batasi dengan hanya berfokus pada pencahayaan untuk menghasilkan hasil yang optimal.

Penggunaan sinar LED yang akan menjadi sumber cahaya utama untuk bibit, dan sensor suhu yang akan mengontrol suhu serta citra dari kamera yang dapat diolah untuk menghasilkan data berupa tinggi daun, warna daun, dan banyak nya daun dari setiap bibit..

Dengan pengontrolan cahaya, untuk menghasilkan cahaya yang cocok dan baik untuk tanaman dapat mempersingkat waktu penyemaian, hal ini baik karena menghemat waktu dan meningkat produktivitas, dan akan sangat berdampak pada peningkatan  perekonomian. Serta dengan menggunakan monitoring kontrol berbasis IOT, akan sangat berguna untuk para petani yang memiliki lahan lebih dari satu, dalam hal monitoring. Selain itu dengan menerapkan kontrol dan monitoring berbasis IOT, kita juga bisa menentukan perlakuan yang lebih baik untuk setiap tanaman, dalam segi penyemaian. Dengan menghasilkan tanaman yang berkualitas dan kuantitas yang lebih banyak  maka akan sangat berdampak pada ketahanan pangan Indonesia.

 

Kata kunci : Penyemaian, Kontrol Otomatis, IOT

back to top