INOVASI BIOKONVERSI TINJA MANUSIA (HUMAN MANURE) MENJADI BIOKOMPOS MELALUI METODE VERMIKULTUR MENUJU PERTANIAN YANG BERKELANJUTAN
...
Nama
Abdul Karim
Perguruan Tinggi
Universitas Muhammadiyah Metro

Abstrak

            Lumpur tinja mempunyai nutrien dalam konsentrasi yang cukup tinggi dibandingkan dengan yang terdapat dalam kandungan air limbah. Material yang terkandung dalam lumpur tinja merupakan padatan zat-zat organik, lemak/minyak, pasir (grit) dan berpotensi sebagai tempat tumbuh berbagai virus penyakit, bakteri dan parasit. Kandungan zat organik pada lumpur tinja yang masih tinggi menyebabkan perlunya pengolahan (treatment) terhadap lumpur tinja dimana pengolahan tersebut diharapkan dapat mengurangi pencemaran dan persebaran penyakit jika dibuang ke tanah. Salah satu upaya pemanfaatan lumpur  tinja yaitu dijadikan sebagai kompos/humanure dengan bantuan cacing (vermikompos).

            Melalui penelitian ini diharapkan dapat mengelola lumpur tinja menjadi produk kompos yang aman dan ramah lingkungan. Penelitian ini akan dilaksanakan di Kota Metro Provinsi Lampung pada tahun 2021. Metode pengumpulan data primer berupa sampel lumpur tinja yang didapat langsung di IPLT (instalasi pembuangan lumpur tinja) untuk diperlakukan skala laboratorium dan lapangan serta dilakukan analisis baik biologi, kimia, fisika dan kelayakan produk kompos sesuai standar dari Kementan.

Kata kunci: kompos, lumpur tinja.

back to top