Potensi Wirausaha dan Budidaya Rumput Hias
...
Nama
Muhammad Ammar Bimo Dharmawan
Perguruan Tinggi
Universitas Diponegoro

Abstrak

Rumput hias merupakan bentuk inovasi dalam bidang bisnis dewasa ini. Maraknya pembangunan RTH atau ruang terbuka hijau dan juga hunian kelas menengah yang semakin banyak di Daerah Trenggalek dan sekitarnya membuat kami melihat adanya peluang besar untuk membuat usaha yang berkatian dengan hal tersebut seperti usaha penanaman rumput hias. Selain mudah, usaha ini juga dapat menjadi bisnis berjangka panjang, kerena kebutuhan dari segi estetika seiring pembangunan yang tidak akan berhenti. Fungsi utama dari rumput hias adalah keindahan. Dengan adanya penutup tanah/landed area akan memberikan kesan bersih dan segar pada lahan. Selain itu, fungsi lainnya adalah untuk menjamin proses penyerapan air pada tanah yang membuat kelembaban tanah terjaga. Hal ini juga bisa membantu menurunkan suhu lingkungan yang terlalu tinggi.

Tujuan dari usaha rumput hias ini adalah untuk membantu memenuhi bebrapa jenis pasokan rumput hias yang semakin banyak diperlukan baik sebagai konsumsi pribadi maupun komersil. Pada sektor pembangunan terutama yang mememelukan RTH, kualitas, kuantitas, jenis rumput hias, dan daya tariknya sendiri merupakan aspek penting yang perlu diperhatikan. Diharapkan dengan mempertahankan mutu dan kualitas yang baik akan membuat konsumen tertarik.

Dalam kegiatan ini metode yang kami gunakan adalah dengan menawarkan berbagai jenis rumput hias seperti rumput gajah mini, rumput jepang, rumput golf, rumput manila, dan rumput swiss. Permintaan pasar juga harus diperhatikan dalam bisnis kewirausahaan ini. Selain itu, sesuatu yang harus dijaga adalah mutu dari produk yang kita kembangkan dengan menggunakan berbagai cara untuk melakukan quality control.


Kata kunci: Rumput hias, Keindahan, Kualitas, Kewirausahaan

back to top