ATSIRIOUS: INOVASI MODEL BISNIS PADA RANTAI PASOK MINYAK ATSIRI SEBAGAI UPAYA PEMBERDAYAAN PETANI SERTA SARANA MENGENALKAN ATSIRI KEPADA MASYARAKAT INDONESIA
...
Nama
Fadhli Widya Ramadhan
Perguruan Tinggi
Universitas Brawijaya

Indonesia merupakan salah satu negara penghasil minyak atsiri terbesar di dunia. Hampir setengah dari jenis tanaman atsiri dunia ada di Indonesia. Minyak atsiri sejatinya telah dimanfaatkan sejak lama oleh nenek moyang bangsa Indonesia. Namun, saat ini ternyata potensi minyak atsiri tersebut belum ada inovasi yang berarti dalam pengolahan atsiri. Terlebih petani atsiri masih banyak yang menjual produknya dalam bentuk minyak mentah yang cenderung memiliki daya tarik yang rendah.

Atsirious merupakan aplikasi marketplace produk minyak atsiri yang menghubungkan antara produsen dengan masyarakat atau pembeli. Aplikasi ini lahir berawal dari keprihatinan kami melihat kurangnya informasi dan akses masyarakat terhadap produk minyak atsiri. Atsirious hadir sebagai solusi masa kini atas sulitnya akses informasi dan keluhan masyarakat saat hendak membeli minyak atsiri dengan pendekatan teknologi.

Kami memproyeksikan Atsirious akan memiliki 1000 pengguna pada akhir tahun pertama sehingga akan mencapai titik impas pada akhir tahun dan diharapkan mulai mencetak keuntungan di tahun kedua. Kami berharap usaha ini dapat berkembang lebih jauh dan menjadi the next super app karya anak bangsa dan membantu mengangkat nilai pasar minyak atsiri di Indonesia secara nyata.

Kata Kunci: minyak esensial, atsiri, startup marketplace atsiri

back to top